Connect with us

Kemeriahan Karnaval Inbox SCTV di Dusun Ngepung

Photo by KampoengNgawi

Edukasi

Kemeriahan Karnaval Inbox SCTV di Dusun Ngepung

Jadi kondisi seperti itu ternyata masih ada di Ngawi yang pada saat yang sama mengadakan peringatan mm… entah peringatan apa pada 3 September kemarin yang jelas diliput SCTV masuk segmen acara INBOX. Dengar-dengar menghabiskan biaya hingga 750 juta lho.

Ramainya publikasi bahwa salah satu kegiatan di Ngawi diliput stasiun tivi membuat saya penasaran media mana saja yang memberitakannya. Kemudian saya pergunakan mesin pencari dengan kata kunci “acara ngawi”. Dari hal itu saya mengetahui bahwa teryata website http://kampoengngawi.com menempati posisi teratas pertama dan kedua. Mengalahkan website milik pemerintah yang mempublikasikan semua kegiatan pemerintah Kabupaten Ngawi http://ngawikab.go.id. Pun dengan tampilannya. Kampoengngawi lebih ramah pada pengguna mobile phone dibanding ngawikab.go.id yang tampilannya menjadi kacau ketika dibuka memakai mode mobile.

Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan bahwa lebih dari setengah penduduk Indonesia kini telah terhubung dengan internet. Survei yang dilakukan sepanjang 2016 itu menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke Internet. Dimana 50,7 persennya atau sekitar 67,2 juta orang mengakses internet melalui perangkat gengam dan komputer, 47,6 persen atau 63,1 juta orang mengakses dari perangkat genggam, dan hanya 3,1 persen atau sekitar 4,1 juta orang yang mengakses hanya melalui komputer. Dengan data seperti itu rasanya sangat disayangkan jika membuat website tidak mendukung tampilan mobile mode.

Tentang judul di atas ada yang tahu di mana itu Dusun Ngepung? Saya yakin sebagian besar pembaca tulisan ini tidak tahu sebelum melakukan “googling” :). Dengan kata kunci “dusun ngepung” maka akan tersaji di halaman pertama website dengan alamat dusunngepung.blogspot.com dan dusunngepung.wordpress.com baru kemudian disusul website lain yang lagi-lagi website kampoengngawi.com juga muncul. Sayangnya dua web yang berlamat di blogspot dan wordpress itu terakhir kali diperbarui Juli 2014.

Namun saya sarankan jangan buka alamat itu. Sekali lagi jangan. Mengapa? Karena itu website bokep, eh bukan, karena website itu ada virusnya hahaha. Eh bukan juga ding. Lalu? Ya karena bukan Dusun Ngepung yang itu yang ingin saya bicarakan.

Dusun Ngepung yang saya maksud dari judul tulisan ini adalah yang ada di Desa Legokulon, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi. Di mana Kampoengsmuda mengadakan Bakti Kampoeng 3 September 2017, bertepatan dengan Idhul Adha di dusun tersebut. Dengan berbagai macam kegiatannya dapat memberikan warna lain di dusun tersebut. Menurut cerita kepala dusunnya, Pak Besur, belum pernah ada ceritanya ada penyembelihan hewan qurban di dusunnya. Agak nganu juga kan di Ngawi ada dusun yang seperti itu. Ditambah dengan kondisi jalan menuju lokasi yang sangat berat. Kendaraan roda empat harus ekstra hati-hati jika tak angin terperosok ke lubangnya dan tak bisa keluar.

Bakti Kampeng Dusun Ngepung – Photo by KN

“Dari 150 KK hanya 15 rumah yang mempunyai MCK,” kata Pak Besur. “Jangankan untuk beli hewan qurban, Mas. Untuk makan sehari-hari saja sebagian besar kami masih kesulitan” masih menurut Pak Besur.

Jadi kondisi seperti itu ternyata masih ada di Ngawi yang pada saat yang sama mengadakan peringatan mm… entah peringatan apa pada 3 September kemarin yang jelas diliput SCTV masuk segmen acara INBOX. Dengar-dengar menghabiskan biaya hingga 750 juta lho. Terlepas benar atau tidaknya jumlah biaya tersebut, menurut saya, menjadi kurang enak didengar kala masih banyak warganya yang berada pada kondisi kesusahan untuk makan kemudian pemerintahnya mengadakan acara yang bersifat hura-hura tanpa tujuan kesejahteraan masyarakat.

Bakti Kampoeng Dusun Ngepung – Photo by KN

Kemudian pertanyaannya, sampaikah kemeriahan acara Karnaval Inbox SCTV itu ke Dusun Ngepung?

Continue Reading
Advertisement

Wanna love Indonesia with my eyes and heart.

Click to comment

More in Edukasi

To Top