Connect with us

Mengemas Ulang Definisi Merdeka (2)

Photo : degeecorner

Opini

Mengemas Ulang Definisi Merdeka (2)

Mengemas Ulang Definisi Merdeka. Bukankah edukasi dan peringatan merdeka serta pembangunan masih dapat dikemas dengan kemasan yang mendidik, efektif, efisien dan menyajikan banyak kebermanfaatan?

Besarnya pendanaan yang dikeluarkan untuk penyelenggaraan festival karnaval menuntut sikap kritis dari masyarakat dan pemangku jabatan politik untuk menyajikan kebijakan yang lebih solutif dan manfaat. Festival karnaval yang hakikatnya ditujukan sebagai sarana pengingat bahwa kita telah menggapai merdeka dan memiliki tugas mengisi pembangunan tampak harus mulai kembali dikemas ulang. Mengemasnya dengan sajian hiburan dan edukasi yang lebih efektif dan efisien.

Menjadi pertimbangan bersama, di mana eksistensi dari karnaval pawai pembangunan itu sendiri bahwa semakin hari semakin monoton. Karnaval yang sebelumnya menampilkan kejayaan dari kerajaan-kerajaan majapahit sebagai simbolisasi sejarah kerajaan di Indonesia, menampilkan pewayangan, hingga sekarang sudah ada yg modern seperti ngedance. Kondisi demikian menyebabkan makna dari karnaval itu hilang dan tereduksi dengan sendirinya. Dari sisi kebersihan, pasca pelaksanaan pawai karnaval menyisakan tingginya sampah yang berserak. Dari sisi lalu lintas perjalanan yang lumpuh total selama seharian menjadi penghambat bagi aktivitas masyarakat juga.

Mengemas karnaval Ngawi yang rutin dilaksanakan setiap 18 Agustus dengan sajian yang lebih mampu memperkenalkan Ngawi pada publik dengan kekhasan, menyajikan budaya Ngawi sehingga dikenal dengan kekayaan kreativitas dan inovasinya. Sepertihalnya Jember dengan Jember Carnival dan Solo dengan Solo Batik Carnivalnya. Disempurnakan lagi dengan upaya menjadikan karnaval yang lebih hemat dengan hasil olahan barang bekas yg disulap menjadi karya fenomenal ataupun karnaval itu dibuat menjadi sebuah bentuk wahana edukasi pemerintah menciptakan wahana yang sekolah-sekolah bisa menampilkan produk ataupun karya seni, tari, atau bahkan apa yang bisa menjadikan ngawi go nasional-go internasional. Biaya yang ratusan juta itu dapat diakomodir dan dialokasikan untuk kebermanfaatan lainnya. Bukan hanya sehari habis hanya untuk gelar prestisius semata.

Wacana Mengemas Ulang Definisi Merdeka. Bukankah edukasi dan peringatan merdeka serta pembangunan masih dapat dikemas dengan kemasan yang mendidik, efektif, efisien dan menyajikan banyak kebermanfaatan?

Berorganisasi, menjalin relasi, serta membuat narasi adalah kegiatan saya sehari - hari.

Click to comment

More in Opini

To Top