Connect with us

Pemberdayaan Desa Melalui Kiprah Pokdarwis

Photo: Choirul Amri

Opini

Pemberdayaan Desa Melalui Kiprah Pokdarwis

Pemberdayaan Desa Melalui Kiprah Pokdarwis

Kelompok Sadar Wisata yang lebih keren dikenal dengan POKDARWIS, adalah kelembagaan di tingkat masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan serta terwujudnya Sapta Pesona dalam meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan manfaatkannya bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

Pokdarwis ini merupakan kelompok swadaya dan swakarsa masyarakat yang dalam aktivitas sosialnya berupaya untuk :

  1. Meningkatkan pemahaman kepariwisataan
  2. Meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan
  3. Meningkatkan nilai manfaat kepariwisataan bagi masyarakat/ anggota Pokdarwis
  4. Mensukseskan pembangunan kepariwisataan

Sedikitnya ada 17 Pokdarwis yang ada di Kabupaten Ngawi yang siap untuk mengoptimalkan potensi – potensi di Ngawi. Pokdarwis bukan hanya tentang kesadaran wisata semata, namun akan lebih kepada pemberdayaan dan pembangunan di sebuah desa tersebut.

Pemberdayaan Desa Melalui Kiprah Pokdarwis di Ngawi ini sudah mulai menggeliat. Dengan adanya gebrakan – gebrakan yang cukup memberikan peluang bisnis disambut baik oleh pemerintah daerah dengan menyelenggarakan sosialisasi sadar wisata beberapa waktu lalu.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi semacam ini, tentunya akan semakin memberikan semangat bagi pokdarwis – pokdarwis yang ada di seluruh Kabupaten Ngawi. Pun semakin memantabkan seluruh Kepala Desa di Ngawi dalam memaksimalkan potensi wisata yang ada di daerahnya. Harapan besar akan visi mengembangkan potensi Ngawi melalui wisata pastinya akan mudah terwujud dengan adanya pemberdayaan yang baik serta kesadaran yang tinggi.

Pemberdayaan Desa Melalui Kiprah Pokdarwis tentunya harus menuju terwujudnya Sapta Pesona. Dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata, melalui perwujudan unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan unsur kenangan. (kn/cse)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...

Menulis adalah seperti meminum cemue, sruput enak dan bisa mengenakkan. Kreasi tiada henti dengan tulisan yang penuh inspirasi.

Click to comment

More in Opini

To Top