Connect with us

Tirakatan Malam Kemerdekaan

Logo Resmi HUT RI-72

Budaya

Tirakatan Malam Kemerdekaan

Memaknai dengan segenap rasa, bahwasanya kita akan terus berjuang mempertahankan Kemerdekaan ini menjadi sebuah kewajiban, sebuah hal yang HARUS dikerjakan setelah benar-benar melakukan sebuah tirakat.

TIRAKATAN, menurut sebuah laman yang sering mengunggah arti dari sebuah kata. Tirakatan memiliki 1 arti. Tirakatan berasal dari kata dasar tirakat. Tirakatan memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga tirakatan dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Di situs itu juga disebutkan bahwa Tirakatan berarti melakukan tirakat: malam itu ia tidak hadir dalam acara tirakatan di kampungnya.

Malam Kemerdekaan Indonesia, sepertinya memang hanya ada di Indonesia bahwa di setiap tanggal 16 Agustus malam, dari tingkat desa menyelenggarakan acara Tirakatan Malam Kemerdekaan. Berbagai acara mulai dari doa, hiburan, hingga berbagi semua ada dalam acara itu.

Bahkan, ada beberapa daerah yang melakukan serangkaian agenda yang puncaknya adalah Tirakatan Malam Kemerdekaan. Budaya yang memang sudah menjadi kebiasaan bagi seluruh warga Indonesia ini bermaksud bahwa kita mengenang, men-tirakati, sebuah perjuangan para pahlawan dan sebuah kemerdekaan yang didapatkan oleh para leluhur, bangsa besar, bangsa Indonesia.

Memaknai dengan segenap rasa, bahwasanya kita akan terus berjuang mempertahankan Kemerdekaan ini menjadi sebuah kewajiban, sebuah hal yang HARUS dikerjakan setelah benar-benar melakukan sebuah tirakat. Mengilhami sepenuhnya bahwa MUSUH nyata dari bangsa ini adalah penggerogotan yang dilakukan oleh bangsanya sendiri, karena itulah yang paling susah untuk ditaklukkan.

Kemerdekaan dalam arti yang luas, bahwa kita selain lepas dari penjajahan negara lain, kita pun bisa berkarya dengan potensi diri, kekayaan bangsa, dan kedaulatan yang utuh.

Selamat Hari Kemerdekaaan untuk Indonesiaku, 72 tahun untuk terus berbenah diri, mulai dari kita sendiri, menyadari dengan men-tirakati, memahami sepenuh hati, bahwa kemerdekaan itu untuk kita bisa selalu berdiri sendiri.

#DulurSaklawase KampoengSmuda, Terus Mencoba Bermanfaat dengan segala keterbatasan.

Click to comment

More in Budaya

To Top