Connect with us

Semakin Banyak yang Peduli Dengan Pendidikan Ngawi

Foto : edtechreview

Edukasi

Semakin Banyak yang Peduli Dengan Pendidikan Ngawi

Tentunya ini sangat bagus dan patut untuk didukung gerakan dan program-programnya. Meski tidak sedikit pula lembaga-lembaga yang lain yang mungkin menjalankan programnya dalam bentuk lain.

Peduli, tentunya butuh effort lebih daripada hanya sebuah loyalitas bekerja atau mengabdi kepada sebuah perusahaan. Ikhlas, itulah yang kuat mengikat dari sebuah kepedulian, meski tak jarang juga ada yang peduli tapi masih pamrih (amit-amit, jangan sampai ya).

Jika dilihat dalam beberapa tahun terakhir ini, Semakin Banyak yang Peduli Dengan Pendidikan Ngawi. Kita bicaranya yang tidak bersinggungan langsung dengan pendidikan formal lho ya (baca: Sekolah, Guru, de el el).

Sebut saja ada Kelas Inspirasi (KI) Ngawi, sebuah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Di Ngawi sudah ada 3 kali Hari Inspirasi, 2013, 2015, dan terakhir 2017 lalu.

Selain KI, ada juga salah satu lembaga yang bernama KampoengEdukasi (KE), lembaga ini juga menjadi salah satu pemerhati pendidikan di Ngawi. Para relawannya mengajarkan begitu menariknya sebuah metode pengajaran dengan Experiential Learning.

Ada juga Forsmawi (Forum Silaturohmi Mahasiswa Ngawi) dengan programnya yang langsung terjun di dunia pendidikan seperti Forsmawi Education Fair, Try Out, dan juga Forsmawi Olimpiade. Kesemuanya itu sasarannya tidak lain adalah para pelajar di Ngawi.

Lalu, yang kemarin baru saja menggelar sebuah program baru yaitu BetterNgawi, namanya pakai bahasa Inggris, program perdananya adalah mengajar bahasa Inggris (better english) di sebuah SD di kecamatan Paron berkolaborasi dengan beberapa relawan dari komunitas yang lain.

Ada juga ini, meskipun bukan dalam bentuk program pelatihan ataupun pendampingan, gerakan yang dilakukan juga memperhatikan dunia pendidikan di Ngawi. Gerakan ini memberikan bantuan program pembuatan dan pengelolaan website gratis untuk sekolah-sekolah di Ngawi, namanya SekolahNgawi.ID yang menurut kabar sudah ada hampir 30-an sekolah telah dibantu pembuatan websitenya mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA.

Semakin Banyak yang Peduli Dengan Pendidikan Ngawi tentunya ini sangat bagus dan patut untuk didukung gerakan dan program-programnya. Meski tidak sedikit pula lembaga-lembaga yang lain yang mungkin menjalankan programnya dalam bentuk yang berbeda.

Semoga bisa terus menjadi #GerakanPositif untuk Kabupaten Ngawi khususnya dan bisa menasional nantinya. Sip Joss.

Terus Mencoba Bermanfaat dengan segala keterbatasan.

Click to comment

More in Edukasi

To Top