Connect with us

Sukses dengan Plan Map

Sukses dengan Plan Map

Edukasi

Sukses dengan Plan Map

Andai kita memang terbatas maka tidak akan terlahir keberhasilan yang mengagumkan, selama mimpi itu masih rasional maka jangan membuat perbatasan mimpimu sendiri.

Apa jadinya kalau masa depan itu tidak terencana dengan baik?

Mungkin runyem mungkin saja bisa sukses dengan catatan sukses karena keberuntungan. Duh jangan sampai dapet title “bejo bejan”.

Alangkah sangat berbeda apabila sesuatu itu terencana dengan yang biasa saja, mengalir bagai air. Ada kalanya air itu mengalir mulus ke laut namun alangkah sedihnya apabila air yang kita harapkan mengalir ke laut malah nyasar ke comberan. Untuk mengantisipasi hal itu maka kita butuh yang namanya planing atau rencana.

Ada beberapa kunci untuk membuat rumusan masa depan. Salah satunya dengan metode ABCDE:

 
1) Accept yourself (terima diri sendiri)
Jadi langkah pertama yang harus dilakukan adalah menerima diri sendiri. Bagaimana bisa menggali potensi apabila belum ikhlas menerima diri sendiri. Misal seorang yang belum bisa menerima cacat fisiknya, sebut saja buta. Meski dia tidak bisa melihat warna bumi ini, setidaknya dia masih mempunyai anggota tubuh yang lain untuk dimatangkan potensinya.

Ambil contoh: Fiersha, kontestan mamamia yang buta namun masih sanggup menggali bakat di bidang tarik suara. Jadi sebelum kamu mulai mengukir rencana-rencana besarmu maka terimalah dirimu terlebih dulu.

2) Break your limit (hancurkan batasanmu)
Merasa tidak mungkin akan sesuatu hal? Hancurkan pikiran itu! Sesungguhnya itu hanya pikiran-pikiran yang membuatmu terbatas.

Jangan batasi mimpimu apapun alasannya, toh bermimpi kan gratis. Jadi kenapa khawatir akan mimpi-mimpimu. Kita sebagai manusia berhak bermimpi dan wajib ikhtiyar, masalah mengijabah itu sudah urusan Yang Maha Kuasa. Asal kita sudah benar-benar berikhtiyar maka selebihnya tinggal tawakal.

Andai saja semua orang sejak dulu takut akan mimpi-mimpinya yang dianggap gila maka sesungguhnya Thomas A Edison tak kan mau membuat lampu yang percobaanya hampir mencapai seribu kali percobaan. Karena ide gila dan usaha yang gila-gilaan dari sang penemu inilah kita bisa mendapat penerangan di malam gelap sampai detik ini.

 
Andai kita memang terbatas maka tidak akan terlahir keberhasilan yang mengagumkan, selama mimpi itu masih rasional maka jangan membuat perbatasan mimpimu sendiri.

 
3)   Create your future (tentukan masa depan)
Setelah berhasil menempuh dua tahap tadi maka beralih ke tahap selanjutnya yakni menentukan masa depan. Langkah inilah yang paling primer, jangan hanya mampu berazzam tentangcita-cita besar saja. Misal hanya bertekad menjadi dokter di tahun 2015 maka tahun-tahun sebelum itu terlaksana, apakah akan dibiarkan kosong?

 
Jangan hanya membuat perencanaan besar saja, sertakan planing kecil lainnya yang mampu menunjang pencapaian besarmu. Buatlah target itu secara tertulis, jangan hanya menyimpan planing di itu di memory otak. Jadi seumpama sistem di otak kita   terformat maka tidak akan hangus begitu saja mimpi-mimpimu yang sempat terlintas dalam otakmu. Buatlah plan map, mula-mula tulis rencana besarmu misal planing tahunan kalau bisa untuk sepuluh tahun ke depan.

Lalu dilanjut membuat rencana besar bulanan, barulah kita buat rencana harian. Rencana mingguan sepertinya tidak perlu disertakan namun apabila ingin detail, bisa ditambahkan.

Buatlah tulisan-tulisan itu sebagus mungkin agar kita tidak malas membacanya dan Allahpun tidak ragu mengijabahinya. Tulisan-tulisan itu adalah perwakilan atas do’amu.

 
Ada cara jitu untuk membuat plan map, salah satunya dengan metode SMART:

  • YSTEMATICALY
    Tuliskan rencana itu secara terarah.
  • MEASUREABLE
    Selain terarah juga harus terukur, pencapaian terdekat apa yang mampu kamu realisasikan.
  • APPLICABLE
    Laksanakan rencana-rencana hebat yang sudah kamu tulis dengan seindah mungkin.
  • RASIONAL
    Setidaknya jangan bercanda dengan apa yang kamu tulis, tulis mimpimu secara rasional.
  • TIMELINE
    Buat pula batas waktunya, jadi kita bisa mengira-ngira kapan mimpi itu harus tercapai.

4)   Do your plan (laksanakan rencanamu)
Berbuatlah sesuatu agar rancangan mimpi itu tercapai. Jangan hanya hobi menuliskan mimpi-mimpi dan menempelkannya ke mana-mana namun realisasikan mimpi itu.

Terkecuali ada kendala yang membuat rencanamu di hari tersebut belum terlaksana maka selipkan rencana itu di hari atau bulan lain yang sikiranya ada longgar. Sehingga mimpi yang kamu tuliskan tadi tidak berakhir di kertas saja namun benar-benar terlaksana.

Agar  lebih memudahkan plan mapmu maka beri tanda pada tulisan di plan mapmu yang sudah tercapi, misal diberi stabilo dan seterusnya.

Percuma apabila waktu kita ini tersita kalau hanya untuk membuat perencanaan-perancanaan kosong artinya tanpa realisasi nyata. Tujuan plan map yang paling primer adalah memudahkan kita mengingat rencana untuk segera merealisasikannya dalam tempo waktu tertentu. Namun akan sangat tidak berharganya tulisan kita tersebut apabila tidak ada kerja nyata.

5)  Empowering yourself (berdayakan dirimu)
Langkah terakhir adalah kerahkan semua kemampuanmu. Lakukan sekuat tenaga untuk pencapain-pencapaiamu. Seperti penemu-penemu berjasa yang tak ada henti sebelum menemukan risetnya. Terkadang banyaknya percobaan itu tidak perlu kita sadari, supaya kita tidak merasakan betapa beratnya melakukan percobaan perealisasian. Namu bila kiranya tubuh ini masih mampu memaksimalkan usaha maka jangan berhenti berusaha mencapainya.

 
Jangan berhenti!!!
Tegaskan pada dirimu bahwa YOU MUST CAN DO IT. Semangat!

 
Jombang, 2011 : Notulen seminar Motivasi Mr. Ardy Subagiyo (Dosen STIKes ICMe Jombang)

#BocahTritikan Ngawi - Jawa Timur, INDONESIA

Click to comment

More in Edukasi

To Top